Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah saya kembali diberikan kesempatan untuk belajar di Wardah Inspiring Teacher Level 4 dan menjadi bagian dari 1500 inspiring teacher dari seluruh Indonesia. Di level 4 ini akan ada 3 kelas yang sangat menarik, dan kelas pertama kami dilaksanakan di hari Jum'at, 8 November 2024. Adapun resume materinya sebagai berikut:
Menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Pemateri: Marsaria Primadonna
Bayangkan murid anda di 20 tahun yang akan datang, akan menjadi manusia seperti apakah mereka?
Mereka akan menjadi manusia yang memberikan kebermanfaatan bagi sesama manusia sesuai dengan minat dan cita-citanya masing-masing, mungkin akan ada yang menjadi guru, pilot, dokter, pengacara, perawat, apoteker, dll.
Visi dari Kurikulum Merdeka
Visi jauh kedepan dari murid yang kita inginkan untuk menjadi masa depan Indonesia yaitu murid-murid yang mempunyai "Profil Pelajar Pancasila"
- Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME dan Berkakhlak Mulia
- Kebinekaan Global
- Bergotong Royong
- Kreatif
- Bernalar Kritis
- Mandiri
Profil Pelajar Pancasila ini adalah visi dari Kurikulum Merdeka. Semua mata pekaharan yang kita rancang ataupun ekstrakulikuler yang kita laksanakan, maka seua tujuannya mengarah ke P5 (Profil Pelajar Pancasila)
Kompetensi yang Harus Dimiliki
Orang yang memiliki kompetensi adalah seseorang yang menunjukkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, berprilaku, dan melakukan aksi berbagi kepada orang lain.
Mengoptimalkan Kompetensi Peserta Didik
Untuk mengoptimalkan kompetensi peserta didik, maka seorang pendidik perlu pembelajaran berbasis projek.
Pembelajaran Berbasis Projek
Projek = Serangkaian tugas untuk membuahkan suatu hasil
Hasil = Produk
Produk = Bisa berupa barang ataupun bukan barang
Produk = Aksi
Pembelajaran berbasis prohek adalah pendekatan kelas yang dinamis di mana murid secara aktif mengeksplorasi masalah dan tantangan dunia nyata untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam (Edutopia)
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang disingkat Projek Profil adalah Projek lintas disiplin ilmu yang berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di sekotar lingkungan masing-masing sekolah.
Pembelajara berbasis projek memungkinkan murid untuk memahami konsep melalui praktik, belajar mencari informasi dengan mandiri. Guru perlu perencanaan yang matang dan memperhitungkan rentang waktu belajar dalam mendesain pembelajaran berbasis projek yang bermakna.
Pembelajaran berbasis projek memberikan kesempatan murid untuk melalui proses pembelajaran yang berbeda, kesiapan berbeda dan prosuk yang berbeda = berdiferensiasi. Pembelajaran berbasis projek berbeda dengan membuat projek.
Alur Pembelajaran Berbasis Projek
Temukan
Apa yang perlu ditemukan diawal? Yang perlu ditemukan di awal adalah "Masalah"
Bayangkan
Membayangkan solusinya
Lakukan
Lakukan apa yang kita bayangkan
Bagikan
Buat aksi atau kampanye, dll
Posting Komentar